1. Asesmen
a. Tujuan
- Penempatan siswa di kelas yang sesuai dan penempatan di dalam kelas
- Pelayanan pendidikan yang sesuai
- Penggunaan alat bantu belajar dan alat bantu lainnya
b. Aspek yang di ases
- Fungsi penglihatan, pendengaran dll
- Kemampuan akademis
- Emosi
- Sosial
2. Produksi Buku dan Penyiapan Alat
a. Menyediakan buku-buku Braille untuk siswa tunanetra antara lain
- Buku Pelajaran
- Buku Cerita
- Buku lainnya
b. Membuat alat peraga yang sesuai dengan kebutuhan siswa
3. Menyiapkan Tenaga Guru Pembimbing Khusus
a. Memberikan layanan konsultasi tentang
- Strategi pembelajaran
- Aksesibilitas
- Penyediaan media belajar
- co teaching
- Membuat program pendidikan individu bersama
b. Penghubung antara sekolah reguler dengan Pusat Sumber
- Pelatihan
- Sosialisasi
- Penyediaan alat
4. Pelatihan
a. Materi
- Orientasi Mobilitas (OM)
- Tulis baca huruf Braille
5. Sosialisasi
a. Sasaran
- Siswa yang berkebutuhan khusus
- Orang tua siswa berkebutuhan khusus
- Guru SLB
- Guru sekolah reguler
- Orang tua
- Masyarakat
b. Bentuk Kegiatan
- Seminar
- Media Masa
- Workshop
- Media Elektronik
- Brosur
- Leaflet
6. Personalia
a. Penanggung Jawab : Kepala SLB A Pembina Tingkat Nasional
b. Tim Teknis :
- Guru Pembimbing Khusus : 2 orang
- Assesor : 2 orang