Bentuk Layanan

1.  Asesmen

a. Tujuan

  • Penempatan siswa di kelas yang sesuai dan penempatan di dalam   kelas
  • Pelayanan pendidikan yang sesuai
  • Penggunaan alat bantu belajar dan alat bantu lainnya

b. Aspek yang di ases

  • Fungsi penglihatan, pendengaran dll
  • Kemampuan akademis
  • Emosi
  • Sosial

2.  Produksi Buku dan Penyiapan Alat

  a. Menyediakan buku-buku Braille untuk siswa tunanetra antara lain

  • Buku Pelajaran
  • Buku Cerita
  • Buku lainnya

  b.  Membuat alat peraga yang sesuai dengan kebutuhan siswa

3.  Menyiapkan Tenaga Guru Pembimbing Khusus

  a.  Memberikan layanan konsultasi tentang

  • Strategi pembelajaran
  • Aksesibilitas
  • Penyediaan media belajar
  • co teaching
  • Membuat program pendidikan individu bersama

  b.  Penghubung antara sekolah reguler dengan Pusat Sumber

  • Pelatihan
  • Sosialisasi
  • Penyediaan alat

4.  Pelatihan

  a. Materi

  • Orientasi Mobilitas (OM)
  • Tulis baca huruf Braille

5.  Sosialisasi

   a. Sasaran

  • Siswa yang berkebutuhan khusus
  • Orang tua siswa berkebutuhan khusus
  • Guru SLB
  • Guru sekolah reguler
  • Orang tua
  • Masyarakat

  b. Bentuk Kegiatan

  • Seminar 
  • Media Masa
  • Workshop 
  • Media Elektronik
  • Brosur 
  • Leaflet

6.  Personalia

  a. Penanggung Jawab    : Kepala SLB A Pembina Tingkat Nasional

  b. Tim Teknis  :

  • Guru Pembimbing Khusus    :  2 orang
  • Assesor   :   2  orang