Di Tengah Pandemi Covid-19, SLB-A Pembina Tingkat Nasional Gelar Wisuda Virtual

Pandemi virus corona atau Covid-19 yang masih mewabah menyebabkan terbatasnya aktivitas masyarakat dalam menyelenggarakan acara tertentu, seperti wisuda. Oleh karena itu, SLB-A Pembina Tingkat Nasional menggunakan aplikasi bernama Zoom Meeting untuk melakukan kegiatan pengelepasan siswa-siswi kelas akhir TA 2019-2020.


Adapun teknis pelaksanaannya, siswa-siswi tersebut mengakses aplikasi dari rumah sementara beberapa guru seperti kordinator tiap jenjang melakukan prosesi di sekolah tentunya dengan berpedoman pada protokol kesehatan seperti tetap menjaga jarak dan menggunakan masker
yang terhubung dengan anak didik yang mengikuti prosesi wisuda dari rumah.

Persiapan wisuda daring ini dilakukan kurang lebih selama 2 hari, dengan tujuan agar para orang tua bisa memandu anak-anaknya ketika mengikuti prosesi wisuda.
Kegiatan Wisuda pada pukul 09.00-12.00. dimulai dengan pembukaan dari pembawa acara dan Pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Athala Syafiyah yang merupakan salah satu siswi SLB-A Pembina. Lalu menyanyikan Indonesia Raya dan Mars SLB-A Pembina.
Setelah nama seorang anak disebutkan, proses pemidahan kuncir toga yang biasanya dilakukan oleh pihak sekolah diwakilkan oleh orang tua masing-masing.

Saat nama Muhammad Dzakir Al Faruq dipanggil, ibunya spontan memindahkan tali toga dari kiri ke kanan, mengalungkan medali dan memberikan sertifikat. Hal itu menjadi tanda Faruq sudah sah diwisuda. “Saya ucapkan terimakasih kepada bapak dan ibu guru yang telah mendidik Faruq, semoga diberi kesehatan dan kesabaran ” kata Ibu Faruq.

Yang menarik, wisuda virtual ini juga mendapatkan Sambutan dan Ucapan Selamat dari Gubernur DKI Jakarta yaitu H. Anies Rasyid Baswedan, Ph.D.
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur DKI Jakarta menyampaikan pesan khusus yang ditujukan kepada guru, orang tua dan siswa. “Momen wisuda daring ini bisa jadi pengalaman unik yang mungkin hanya berlangsung sekali saja seumur hidup. Karena itu proses wisuda yang membuat kita harus bertatap muka jarak jauh lewat kaca harus dijadikan sebagai kegaiatan penuh hikmah,” kata Pak Anies.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan dari Kabid SD & PKLK Provinsi DKI Jakarta yaitu bapak Drs. Momon Sulaeman MM,MSi dan Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Selatan yaitu bapak Drs. Joko Sugiarto, M.Pd yang berharap agar murid siswa-siswi SLB-A Pembina Tingkat Nasional menjadi anak yang berguna bagi diri sendiri, orang tua, masyarakat dan negara.

Proses wisuda berjalan haru dan hikmat. Wakasek Kesiswaan bahkan menitikan air mata saat mengucapkan sekapur sirih untuk anak-anak.
Pada kegiatan penutup yaitu Doa yang dipimpin oleh Bapak Keriadi, S.Pd dan dilanjutkan Guru-guru menyayikan lagu perpisahan untuk anak-anak berupa lagu hymne guru dan terimakasih guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *