Ini Dia 2 Siswa Juara FLS2N ABK Tingkat Nasional Tahun 2020!

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tingkat Nasional Tahun 2020 dengan tema “Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Berprestasi dari Rumah” telah usai. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perhelatan FLS2N ABK tahun ini dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19, mekanismenya dilakukan secara online (daring).


FLS2N tahun ini digelar di tengah pandemi, kegiatan pun dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Tujuannya agar bisa mencegah penularan Covid-19. PUSPRESNAS Kemendikbud menyelenggarakan 11 cabang lomba untuk penyandang disabilitas yang berada pada jenjang SDLB dan SMPLB/SMALB. Penilaian berasal dari karya dan video yang dikirimkan peserta dan diunggah ke akun youtube.


Setelah penilaian, panitia akan memilih juara I, juara II, juara III, juara harapan I, juara harapan II, dan juara harapan III pada tiap-tiap mata lomba.

Dalam FLS2N ABK tersebut, empat siswa SLB A Pembina Tingkat Nasional berhasil mewakili Provinsi DKI Jakarta di tingkat Nasional karena telah berhasil meraih Juara 1 dalam lomba FLS2N ABK di tingkat Provinsi DKI Jakarta, yaitu:

Rin Sukma Tegar Muslimah dalam Lomba Menyanyi tingkat SDLB
Athalah Syafiah dalam Lomba MTQ tingkat SMPLB/SMALB
Kezia Dame Emmanuela Nasution dalam Lomba Cipta dan Baca Puisi Tingkat SMPLB/SMALB
Karolina Duma Priskila Nasution dalam Lomba Menyanyi tingkat SMPLB/SMALB

Setelah melalui proses perhitungan poin dari semua peserta, pada hari Rabu, 30 September 2020 telah diumumkan para juara. Berdasarkan pengumuman resmi dari Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) yang disiarkan langsung melalui akun youtube PUSPRENAS, berikut ini siswa SLB A Pembina Tingkat Nasional yang memenangkan kompetisi FLS2N ABK tingkat nasional:

Rin Sukma Tegar Muslimah, Juara Harapan 3 Lomba Menyanyi tingkat SDLB
Kezia Dame Emmanuela Nasution, Juara Harapan 2 Lomba Cipta dan Baca Puisi Tingkat SMPLB/SMALB

Sebagai bentuk apresiasi, Kemendikbud telah menyiapkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk memberikan beragam hadiah. Hadiah yang diberikan untuk para pemenang yaitu berupa medali, piala, piagam/sertifikat, dan uang kejuaraan.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta didik dan meningkatkan motivasi agar tetap dapat berprestasi dari rumah.” ujar Gina solihat sebagai Pendamping Lomba Menyanyi tingkat SDLB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *